Mengenal rosacea, penyakit penyebab kemerahan pada wajah


Apa itu rosacea?
Rosacea adalah kondisi kulit yang umum, biasanya terjadi pada wajah, yang dominan mempengaruhi kulit putih tetapi dapat mempengaruhi semua jenis kulit pada orang berusia 40 hingga 60 tahun. Ini lebih sering terjadi pada wanita tetapi ketika mempengaruhi pria, itu mungkin lebih parah. Ini adalah kondisi kronis, dan dapat bertahan lama dan, pada setiap individu, tingkat keparahannya cenderung berfluktuasi. Rosacea cenderung memengaruhi pipi, dahi, dagu, dan hidung, dan ditandai oleh kemerahan yang terus-menerus yang disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar, benjolan kecil, dan bintik-bintik berisi nanah yang mirip dengan jerawat. Mungkin juga ada peradangan tidak nyaman pada permukaan mata dan kelopak mata.

Rosacea diklasifikasikan menjadi 4 subtipe yang mungkin tumpang tindih. Klinik akan memberi tahu Anda jenis yang Anda miliki.

Apa yang menyebabkan rosacea?
Penyebab rosacea tidak sepenuhnya dipahami. Genetika Anda, faktor sistem kekebalan tubuh, dan faktor lingkungan semuanya dapat berperan. Faktor-faktor yang memicu rosacea menyebabkan pembuluh darah di kulit wajah membesar (melebar). Teori bahwa rosacea disebabkan oleh bakteri di kulit atau di usus belum terbukti. Namun, antibiotik terbukti bermanfaat untuk mengobati rosacea. Ini karena efek anti-inflamasi mereka. Rosacea tidak menular.

Ada berbagai pemicu yang dapat membuat rosacea lebih buruk. Ini termasuk alkohol, olahraga, suhu tinggi dan rendah, minuman panas, makanan pedas dan stres. Rosacea bisa peka terhadap sinar matahari.

Apakah rosacea adalah keturunan?
Menurut Artria, rosacea tampaknya berjalan di beberapa keluarga, tetapi tidak ada hubungan genetik yang jelas.

Apa saja gejala rosacea?
Ruam dan wajah memerah yang terkait dengan rosacea dapat menyebabkan rasa malu, menurunkan harga diri dan kepercayaan diri, kecemasan dan bahkan depresi. Selain itu, kulit wajah seringkali sensitif, dan daerah yang terkena bisa terasa sangat panas atau menyengat.

Beberapa orang dengan rosacea memiliki gejala mata. Beberapa pasien dengan rosacea dapat mengembangkan masalah mata yang lebih serius, seperti peradangan yang menyakitkan yang melibatkan bagian depan mata (rosacea keratitis) dan ini dapat menyebabkan penglihatan kabur. Penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kacamata jika Anda memiliki gejala yang mempengaruhi mata.

Seperti apa bentuk rosacea?
Rosacea biasanya dimulai dengan kecenderungan memerah dengan mudah. Setelah beberapa saat, area pusat wajah menjadi warna merah permanen yang lebih dalam, dengan pembuluh darah kecil yang melebar, benjolan dan bintik-bintik berisi nanah.

Kadang-kadang, mungkin ada beberapa pembengkakan pada kulit wajah (lymphoedema), terutama di sekitar mata. Kadang-kadang, pertumbuhan berlebih dari kelenjar yang mengeluarkan minyak pada hidung dapat menyebabkan hidung membesar, bulat dan merah (disebut rhinophyma). Rhinophyma lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Subscribe to receive free email updates: